--> Skip to main content

19 + Daftar Tempat Wisata di Rohil Terlengkap

Wisata di Rohil – Rokan Hilir dengan ibu kotanya Kota Bagan Siapiapi merupakan kabupaten yang memiliki kisah sejarah yang lumayan panjang di Riau. Kabupaten ini dahulunya pernah terkenal sebagai daerah penghasil ikan terbesar di Indonesia. Selain nama tenarnya itu, Rohil memiliki beberapa tempat wisata unggulan dan sudah banyak pengunjung yang berkunjung untuk menikmati destinasi-destinasi objek wisata yang terdapat di Kabupaten Rokan Hilir. 

Salah satu destinasi wisata yang terdapat di Kabupaten Rokan Hilir adalah destinasi wisata yang di kenal dengan nama Pulau Jemur. Pulau jemur ini sangat dekat dengan negara Malaisya. Adapun daftar destinasi lain dapat kamu lihat dalam daftar di bawah ini.

Tempat Wisata di Rohil (Rokan Hilir)

1.Pulau Barkey

Pulau barkey adalah sebuah destinasi wisata pulau yang cukup unik dan menarik yang berada di Parit Aman Kec. Bangko Kab. Rokan Hilir. Pulau ini merupakan sebuah pulau yang tidak berpenghuni. Jadi pengunjung yang berkunjung ke pulau Barkey akan merasakan sensasi ketenangan dan kenyamanan.

2.Panipahan

Panipahan adalah sebuah perkampungan yang ada di kabupaten Rokan Hilir. Pengunjung yang berkunjung ke Panipahan akan dapat merasakan dan melihat secara langsung bagaimana aktivitas sehari-hari kehidupan masyarakat. Salah satu aktivitas  kehidupan masyarakat di Panipahan yang cukup menarik perhatian wisatawan lokal adalah aktivitas nelayan. Selain itu, pengunjung dapat menikmati keindahan Panipahan yang masih alami.

3.Sinaboi

Sinaboi merupakan salah satu destinasi wisata di Rohil yang notabene nya adalah sebuah pantai. Destinasi ini sangat cocok untuk para pengunjung yang memiliki hobi memancing. Sinaboi memiliki nuansa keindahan yang eksotis. Sinaboi sangat dekat dengan ibukota Rokan Hilir yaitu Kota Bagan Siapiapi. Di Sinaboi, wisatawan yang berkunjung dapat menemukan serta melihat deretan rumah-rumah masyarakat yang di bangun di atas laut. Kawasan ini juga dipenuhi dengan rumah rumah terapung dan di kenal juga dengan kawasan Pecinaan.

4.Desa Rantau Bais

Desa Rantau Bais merupakan sebuah desa yang dikenal masih belum terpapar budaya Asing. Desa ini sering menjadi salah satu tujuan Traveller. Di Desa ini terdapat sebuah bangunan Tua yang menghadap langsung ke Pulau Tilan. Jadi ketika mengunjungi desa Rantau Bais, pengunjung dapat juga sekalian menikmati keindahan dari Pulau Tilan.

5.Pulau Tilan

Pulau Tilan adalah sebuah pulau yang sangat cocok dijadikan tujuan ketika ingin menghabiskan waktu secara tenang dengan keindahan Alam. Panorama keindahan Pulau Tilan dapat dilihat di sepanjang pulau. Pulau Tilan berseberangan langsung dengan desa Rantau Bais. Sehingga untuk menyeberang dapat menggunakan kendaraan transportasi air berupa perahu motor. Di sepanjang pulau terdapat hamparan pasir putih yang menambah nilai keindahan dari Pulau Tilan.

6.Danau Napangga

Objek wisata Danau tidak hanya dimiliki oleh daerah lain di Riau, Tetapi juga dimiliki oleh Rokan Hilir. Danau Napangga merupakan destinasi wisata di Rohil yang notabenenya adalah sebuah danau. Danau ini letaknya berada di Tanjung Medan Kec. Pujud, Rokan Hilir. Danau Napangga memiliki air yang tenang dan di danau ini banyak Ikan Arwana hidup. Di dekat danau Napangga, pengunjung juga dapat menemukan suku asli asli Rokan Hilir yang di kenal dengan nama Suku Bonai.

7.Bono Sungai Rokan

Di Kabupaten Rokan Hilir terdapat sebuah peristiwa pertemuan ombak air laut yang bercampur dengan ombak sungai. Nah peristiwa ini dikenal dengan Bono Sungai Rokan. Bono Sungai Rokan merupakan sebuah gelombang atau ombak yang memiliki volume yang cukup besar sehingga dapat menarik perhatian para pengunjung. Gelombang tersebut akan berakhir terhempas di pinggir sungai dan menjadi pemandangan yang sangat menarik perhatian.

8.Pulau Jemur

Pulau jemur adalah sebuah pulau yang merupakan bagian dari kabupaten Rokan Hilir. Pulau Jemur berada sangat dekat dengan Malaysia. Apabila di perhatikan dengan seksama, pulau jemur terdiri dari kumpulan beberapa pulau-pulau kecil. Nuansa yang diberikan di pulau jemur adalah nuansa keindahan pantai. Selain pemandangan yang sangat Indah, Di Pulau jemur terdapat beberapa destinasi lain yang bisa di kunjungi oleh pengunjung. Destinasi tersebut seperti Goa Jepang, perigi tulang, batu panglima layar dan lain-lainnya.

9.Masjid Al-Ikhlas Bagan Siapiapi

Masjid Al-Ikhlas bagan Siapi-api adalah salah satu icon daerah yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir. Mesjid ini telah menjadi pusat peribadatan di Rokan Hilir sehingga menjadi salah satu destinasi wisata di Rohil yang cocok untuk di kunjungi ketika berada di Rokan Hilir.

10.Taman Kota Bagan Siapiapi

Taman Kota Bagan Siapiapi adalah sebuah taman yang berada di Kota Bagan Siapiapi. Taman ini cocok untuk dijadikan tempat kunjungan oleh keluarga yang ingin berlibur. Taman ini cukup indah dan sudah menarik karena di kelola dengan baik. 

11.Platinum Waterpark

Platinum Waterpark adalah destinasi wisata di Rokan Hilir. Destinasi ini adalah destinasi wahana air buatan. Destinasi Platinum Waterpark sangat cocok untuk wisata keluarga. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Platinum Waterpark dan salah satunya adalah pemandian di kolam renang.

12.Rumah Pohon Bagan Batu

Rumah pohon bagan batu adalah destinasi wisata di Rohil yang sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari destinasi yang Instagramable di Rokan Hilir. Destinasi ini merupakan destinasi yang memberikan nuansa ala kaum Milenial. Rumah Pohon Bagan Batu cukup hits saat ini dan telah banyak di kunjungi oleh pengunjung, baik pengunjung lokal maupun pengunjung luar Daerah.

13.Kawasan Sungai Rokan

Sungai Rokan adalah sungai di Rokan Hilir yang memiliki panjang mencapai 350 KM. Sungai Rokan bermuara di pegunungan. Kawasan sungai Rokan selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara setiap tahunnya.

14.Pulau Pedamaran

Satu lagi pulau yang ada di Rokan Hilir. Masyarakat mengenalnya dengan nama Pulau Pedamaran. Pulau ini terhubung oleh sebuah jembatan yang cukup megah. Jembatan tersebut dikenal dengan nama Jembatan Pedamaran. Dari berbagai media di kabarkan bahwa Pulau Pedamaran tengah di persiapkan untuk menjadi tempat tujuan pariwisata pasar malam dan pusat olahraga Motorcross.

15.Mepet Sawah

Mepet Sawah merupakan destinasi wisata di Rohil yang masih baru. Destinasi wisata Mepet Sawah merupakan destinasi buatan. Masyarakat juga mengenal Mepet Sawah dengan singkatan “Mewah”. Destinasi ini berada di Desa Pematang Sikek Kec.Rimbamelintang Rokan Hilir. Tempat ini juga tersedia berbagai kuliner Rokan Hilir.

16.Museum Sejarah Rohil

Museum sejarah Rokan Hilir adalah destinasi wisata sejarah yang ada di Rokan Hilir. Museum Sejarah Rokan Hilir berada di Batu Empat, Kecamatan Bangko, Bagan Siapiapi. Museum ini berisi berbagai barang yang mewakili rekam jejak masa lalu dan rekam jejak perkembangan kabupaten Rokan Hilir.

17.Museum Perikanan Bagan Siapiapi

Museum Perikanan Rokan Hilir juga berada di Batu Empat, Kec. Bangko, Bagan Siapiapi. Museum ini dibuat dengan tujuan untuk mengenang bahwa kota Bagan Siapiapi pernah dalam kejayaan dan dikenal sebagai penghasil ikan terbesar didunia setelah Norwegia. Di dalam museum ini pengunjung dapat belajar mengenai berbagai jenis ikan yang hidup di Perairan Malaka. Di museum ini juga pengunjung dapat melihat foto foto unik peradaban nelayan. 

18.Kelenteng Inok Kiong

Kelenteng in Hok Kiong menjadi salah satu destinasi wisata di Rohil karena telah memiliki sejarah yang panjang di Rokan Hilir. Kelenteng ini sudah ada sejak tahun 1823 Masehi. Klenteng ini merupakan tempat beribadah umat Kong Hu Chu.

19.Batu Enam

Batu Enam Rokan Hilir merupakan objek wisata yang telah banyak menarik perhatian pengunjung dari luar daerah. Di kawasan Batu Enam pengunjung dapat melihat pemandangan dari sungai Rokan. Di sepanjang sungai rokan kawasan Batu enam juga terdapat taman, kafe dan aneka patung-patung hewan.

Itulah daftar tempat wisata di Rohil yang dapat kami sajikan untuk sementara waktu. Jika ada destinasi baru, kami akan kembali menperbaharui daftar di atas secepat dan sebisa mungkin.

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar