--> Skip to main content

20+ Tempat Wisata di Kampar Paling Terbaru

Wisata di Kampar - Ada banyak kekayaan yang tersimpan di Kampar. Sebagai salah satu kabupaten yang termasuk bagian dari bagian Riau, kampar menjadi tempat yang banyak destinasi wisatanya. Mulai dari destinasi wisata untuk keluarga, destinasi wisata alam, destinasi wisata religi hingga destinasi budaya dan religi ada di kabupaten Kampar ini.

Jika kamu ingin pergi ke kampar untuk tujuan liburan, Kamu tidak akan kehabisan rekomendasi tempat yang harus di kunjungi. Sebab destinasi di kabupaten kampar beragam. Kamu bisa memilih salah satu yang menurut kamu menarik untuk di kunjungi. Daftar lengkap wisata di Kampar dapat kamu lihat pada daftar berikut ini.

Wisata di Kampar yang Paling Hits 

1.Puncak Ulu Kasok

Puncak ulu kasok di kenal dengan Raja Ampat versi KW Riau. Banyak pengunjung yang mengatakan bahwa panorama pemandangan yang dilihat dari atas puncak ulu kasok sangat-sangat mirip dengan panorama pemandangan yang ada di Raja Ampat aslinya. Puncak Ulu Kasok terletak di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

2.Puncak Kompe

Puncak kompe merupakan salah satu wisata puncak yang ada di kabupaten kampar. Lokasinya bersebelahan dengan puncak ulu kasok. Sama-sama di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar. Panorama pemandangan puncak kompe dengan puncak ulu kasok juga tidak jauh berbeda. Panorama pemandangannya adalah deretan pulau kecil seperti Raja Ampat.


3.Taman Andalus

Wisata di Kampar yang bernama Taman Andalus merupakan destinasi yang cocok untuk di kunjungi sebaai wisata keluarga. Di Taman Andalus pengunjung dapat melakukan berbagai hal menarik seperti memanah, memancing, berkuda dan aktifitas-aktifitas lainnya. Taman Andalus kampar berada di Desa Silam, Kecamatan Bangkinang Barat, Kabupaten Kampar Provinsi Riau. 

4.Pantai Cinta Teluk Jering

Pantai Cinta Teluk Jering juga destinasi wisata yang cocok untuk di kunjungi oleh keluarga yang sedang ingin liburan. Lokasinya tidak begitu jauh dengan Kota Pekanbaru. Hanya sekitar 30-50 menit. Pantai Cinta Teluk Jering beralamat di Dusun Teluk Jering, Desa Teluk Kenidai, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Di pantai cinta ini, pengunjung dapat melakukan berbagai hal seperti banana boat. Ada juga pengunjung yang melaksanakan camping di destinasi wisata Pantai Cinta Teluk Jering ini.

5.Air Terjun Batu Dinding

Air terjun batu dinding merupakan salah satu wisata di kampar yang masih alami. Air terjun batu dinding sangat cocok untuk di kunjungi oleh wisatawan yang menyukai destinasi alam dan tantangan. Untuk sampai di air terjun batu dinding, pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu sekitar 30 menit. Perjalanan dengan jalan kaki itu harus melewati beberapa tanjakan. Jika anda menyukai aktivitas camping, destinasi air terjun batu dinding adalah temat yg cocok untuk melakukan hal tersebut. 

6.Air Terjun Panisan

Air Terjun Panisan adalah air terjun yang terdapat di Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Jarak Air Terjun Panisan dengan Kota Pekanbaru sekitar 123 Kilometer atau 3 Jam perjalanan dengan menggunakan mobil atau kendaraan bermotor. Air terjun Panisan memiliki tinggi sekitar 50 meter. Curah air di air terjun panisan akan semakin tinggi dan deras saat di musim hujan. Suasana yang ada di Air Terjun Panisan sangat tenang dan damai juga cocok untuk kamu yang ingin berkemah.

7.Air Terjun Batang Kapas

Air terjun Batang Kapas adalah air terjun yang paling tinggi di Sumatera Baian Tengah (Riau). Ketinggian air terjun ini mencapai 150 meter. Banyak pengunjung yang bermain air dan mandi di bawah gemuruh air terjun batang kapas. Di Air terjun ini juga banyak wisatawan yang melakukan perkemahan. Wisata di Kampar yang satu ini memang sangat layak untuk di kunjungi oleh anda yang sangat menyukai wisata alam khususnya menikmati terjangan air terjun dan keindahan alam.

8.Candi Muara Takus

Candi Muara Takus termasuk ke dalam kategori wisata sejarah yang ada di Riau. Candi Muara Takus menjadi salah satu destinasi yang paling banyak di kunjungi. Candi Muara takus merupakan benda peninggalan sejarah yang masih ada sampai saat ini dan telah menjadi salah satu tempat wisata di kampar yang benar-benar wajib kamu kunjungi.

9.Sungai Gulamo

Sungai Gulamo merupakan sungai yang sedikit berbeda dengan kebanyakan sungai yang ada di Riau. Sungai ini memiliki ciri khas pemandangan alam yang sangat memikat. Warna air yang ada di sungai gulamo di dominasi dengan kesan warna hijau yang di dapati oleh pengaruh pepohonan di sekitarnya. Sungai ini juga menjadi lebih menarik karena deretan bebatuan yang terdapat di sungai. Destinasi Wisata di Kampar yang satu ini juga termasuk ke dalam jenis wisata alam. Anda pasti penasaran dengan sungai gulamo ini.

10.Rimba Baling

Rimba Baling merupakan suaka margasatwa yang ada di Kampar, Riau. Rimba Baling merupakan nama dari dua buah bukit yaitu bukit rimba dan bukit baling. Rimba Baling merupakan tempat tempat tinggal dari flora dan fauna khas sumatera seperti harimau sumatera, bunga rafflesia dan lain-lainnya. Jarak Kota Pekanbaru dengan Rimba Baling berkisar antara 2-3 Jam perjalanan.

11. Lubang Kolam Kampar

Lubang Kolam Kampar merupakan tempat wisata di Kampar yang penuh dengan misteri. Anda yang suka dengan tempat misteri sangat cocok berkunjung di tempat ini. Lubang Kolam ini adalah sebuah lubang berbentuk terowongan yang di pada masa penjajahan belanda t1hun 1929. Lubeng ini tidak jauh dari Kota Pekanbaru. Jika kamu sedang dalam perjalanan dari kota Pekanbaru menuju Sumatera Barat,Maka kamu akan melihat gapura menuju destinasi ;ubang kolam yang ada di sebelah kiri jalan lintas Riau-Sumbar.

12. Rumah Lontiok

Rumah Lontiok merupakan icon wisata budaya yang ada di kabupaten Kampar. Pada tahun 2017 Rumah Lontiok masuk ke dalam list penilaian warisan Budaya Tak Benda tingkat nasional. Rumah Lontiok memiliki nama lain yang di kenal dengan Pencalang. Rumah Lontiok ini adalah rumah adat orang kampar yang memiliki ketenaran dan bentuk yang unik.

13. Bukit Naang Bangkinang

Untuk menguji adrenalin, destinasi wisata di kampar yang cocok adalah Bukit Naaang Bangkinang. Bukit Naang Bangkinang adalah destinasi wisata yang dapat anda lakoni untuk menguji adrenalin. Salah satu yang paling populer adalah flying fox. Selain Flying Fox, ada juga air soft gun dan jembatan gantung. Wahana ini akan menjadi pengalaman tersendiri bagi anda yang hadir mengunjungi Bukit Naang Bangkinang.

14. Air Terjun Tanjung Alai

Selain batu dinding, panisan dan batang kapas, Kampar juga memiliki air terjun lain. Air terjun tersebut adalah air terjun Tanjung Alai. Lokasi Air Terjun Tanjung Alai berada tidak jauh dari lokasi puncak ulu kasok dan puncak kompe, hanya sekitar 5-6 menit. Lumayan banyak pengunjung yang datang ke air terjun ini, karena jaraknya yang tidak begitu jauh. Air terjun ini hanya memiliki ketinggian hingga 10 meter dan di kelilingi oleh bebatuan serta pepohonan yang membuat suasana menjadi sangat nyaman dan adem.

15. Desa Buluh Cina

Buluh Cina merupakan sebuah desa Wisata yang ada di Kabupaten Kampar. Destinasi wisata yang ada di desa wisata buluh cina cocok untuk dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga. Adapun hal yang dapat di peroleh ketika pengunjung berkunjung di desa wisata buluh cina adalah spot foto, edukasi, dan menelusuri 7 sungai menggunakan perahu serta menikmati keindahan yang masih sangat alami. Di Desa Wisata buluh cina pengunjung juga dapat melakukan aktifitas camping.

16. Puncak Mahligai 

Selain puncak ulu kasok dan puncak kompe terdapat juga destinasi wisata di kampar yang dikenal dengan nama puncak mahligai. Di destinasi puncak mahligai ini, pengunjung dapat menikmati keasrian pepohonan dan alam. Selain itu pengunjung juga dapat melakukan swafoto dan mendapatkan hasil yang sangat menarik.

17.Hutan Pinus Kampar

Destinasi Hutan Pinus Kampar merupakan destinasi yang masih baru di Kabupaten Kampar. Destinasi Hutan Pinus Kampar saat ini sangat ramai dikunjungi oleh pengunjung. Destinasi ini tercipta berkat sekelompok pemuda sadar wisata bernama Pokdarwis yang menyulap kawasan yang awalnya penuh dengan samph dedaunan menjadi tempat wisata yang indah asri dan bersih.

18. Puncak Pukatan

Selanjutnya wisata di kampar terdapat puncak yang bernama puncak pukatan. Lokasinya juga tidak jauh dari puncak-puncak lainnya. Puncak pukatan akan memberikan pemandangan dari alam kampar. Di Puncak Pukatan pengunjung juga dapat bebas untuk berswafoto hingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

19. Taman Bunga Eceng Gondok

Siapa yang bisa menyangka tanaman eceng gondong dapat menjadi tempat wisata. Awalnya destinasi wisata ini hanyalah lokasi biasa. Kemudian viral oleh kekuatan sosial media di dunia maya di karenakan view dengan mekarnya bunga-bunga eceng gondong yang membuat foto menjadi terlihat sangat apik dan cantik membuat orang-orang satu persatu hadir dan sampai saat ini telah menjadi salah satu wisata di kampar yang cukup populer.

20. Jembatan Water Front City Bangkinang

Kita bisa saja menganggap jembatan ini adalah jembatan biasa. Namun pada kenyataannya jembatan ini merupakan salah satu icon yang ada di bangkinang , Kampar. Pada malam hari jembatan ini akan terlihat sangat cantik. Destinasi ini juga cocok untuk anda kunjungi ketika sedan berada di kota bangkinang saat malam hari.

Sekian artikel mengenai Tempat Wisata di Kampar. Jika kemudian hari ada destinasi baru, kami akan kembali mengupdate artikel ini.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar