--> Skip to main content

20 + Tempat Wisata di Rohul Paling Terupdate

Wisata di Rohul – Rohul adalah singkatan dari nama kabupaten Rokan Hulu. Rokan Hulu merupakan kabupaten yang di kenal dengan julukan negeri seribu suluk. Sama halnya dengan kabupaten-kabupaten lain yang ada di Provinsi Riau, Rohul juga memiliki berbagai destinasi wisata yang termat sangat layak untuk di kunjungi oleh pengunjung.

Destinasi wisata yang ada di kabupaten Rokan Hulu terdiri dari berbagai jenis, mulai dari destinasi wisata alam, budaya, religi, sejarah dan pendidikan. Semua tempat wisata di Rohul akan di sajikan dalam sekilas tulisan pada halaman ini dan akan di bahas lebih lengkap dalam artikel lain agar dapat bermanfaat untuk semuanya.

Tempat Wisata di Rohul Paling Update

1.Puncak Bukit Suligi

Puncak Bukit Suligi adalah sebuah tempat wisata di Rohul yang masuk ke dalam destinasi wisata alam. Objek wisata puncak bukit Suligi terkenal dengan ungkapan “Samudera Awan di Puncak Bukit Suligi”. Tinggi dari puncak bukit suligi adalah 812 meter.

Objek wisata puncak bukit suligi di kelola oleh pemuda sadar wisata yang ada di desa Aliantan. Bukit suligi merupakan sebuah bukit yang terletak di desa Aliantan, Kecamatan Kabun, Kabupaten Rokan Hulu. Objek wisata bukit suligi sangat cocok untuk pengunjung yang ingin melakukan pendakian. 


2.Benteng Tujuh Lapis

Benteng Tujuh Lapis merupakan objek wisata bersejarah yang ada di Kabupaten Rokan Hulu. Benteng Tujuh Lapis menjadi saksi sejarah perjuangan para pendahulu melawan penjajah. Benteng Tujuh Lapis didirikan pada masa penjajahan belanda.

Letak posisi bangunan Benteng tujuh lapis berada di desa Dalu-dalu Kecematan Tambusai Utara, Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Luas area benteng tujuh lapis mencapai 3 hektar. Luas tersebut hampir setara dengan luas area satu perkampungan atau desa.

3.Air Terjun Aek Martua

Air terjun Aek Martua adalah destinasi wisata alam paling populer yang ada di kabupaten Rokan Hulu. Air Terjun Aek Martua merupakan salah satu wisata di Rohul yang sudah banyak di kunjungi oleh pengunjung. Letak Posisi Air terjun berada di daerah Dusun Huta Padang, Kecamatan Bangun Purba, Rokan Hulu, Provinsi Riau.

Air terjun Aek Martua memiliki 3 air terjun dengan ketinggian yang bervariasi. Ketinggian air terjun berkisar antara 15 hingga 40 meter. Setiap air terjun yang ada di Aek Martua memiliki keunikannya masing-masing.

4.Goa Huta Sikafir

Goa Sikafir merupakan salah satu destinasi wisata alam yang ada di kabupaten Rokan Hulu. di Rohul. Destinasi wisata ini merupakan destinasi wisata Goa. Destinasi Goa Huta Sikafir termasuk destinasi yang masih dalam kondisi alami.

Goa Huta Sikafir ialah wisata di Rohul  yang berlokasi di Desa Pawan Kecamatan Rambah. Panorama di sekitar destinasi Goa Huta sikafir adalah hamparan hutan yang masih alami. Selain itu juga terdapat berbagai fauna dan flora di hutan sekitar destinasi.

5.Sungai Bungo

Destinasi Wisata Sungai Bungo berada di Desa Sialang Jaya Kecamatan Rambah. Sungai Bungo berada di Kaki Gunong Bonsu. Pengunjung yang mengunjungi destinasi sungai Bungo akan dapat melihat serta menikmati panorama pemandangan hutan tropis yang masih sangat alami dan menentramkan.

6.Air Terjun Sikubin 

Air Terjun Sikubin adalah salah satu objek wisata air terjun yang terdapat di Kabupaten Rokan Hulu. Air terjun ini terletak di Desa Aliantan Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu. Air Terjun Sikubin berada tepat dibawah kaki bukit suligi. 

7.Rumah Batu Serombou

Objek Wisata Rumah Batu Serombou merupakan objek wisata di rohul yang cukup unik. Objek wisata yang satu ini adalah objek wisata yang berbentuk bebatuan. Rumah Batu Serombou terletak di Desa Serombou Indah Rokan Hulu. Objek wisata ini juga memiliki cerita sejarah yang cukup menarik.

8.Danau Cipogas

Cipogas adalah objek wisata Danau di Rokan Hulu. Di dekat danau Cipogas juga terdapat sebuah bendungan. Bendungan tersebut bernama bendungan  Haiti. Letak Danau Cipogas berada di Desa Haiti dan Desa Sialang Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Riau. 

Di sekitar bendungan Danau Cipogas terdapat bebatuan yang memiliki ukuran besar. Selain itu juga terdapat aliran sungai yang berasal dari kaki bukit Haorpit. Bukit Haorpit merupakan sebuah bukit yang terjal dan berbatu. Konon dari cerita setempat mengatakan bahwa di tempat ini orang-orang terdahulu melakukan semedi atau pertapaan.

9.Masjid Agung Madani Islamic Center

Mesjid Agung Madani Islamic Center (MAMIC) adalah salah satu destinasi religi yang ada di kabupaten Rokan Hulu. Sesuai dengan namanya, Masjid Agung Madani Islamic Center adalah sebuah mesjid. Mesjid ini memiliki kemewahan serta kemegahan yang lebih indah dari pada mesjid-mesjid lain yang ada di Provinsi Riau. 

Ada banyak pengunjung yang telah mengunjungi mesjid Agung Madani Islamic Center Rokan Hulu. Lokasi Mesjid Agung Madani Islamic Center terletak di Jl. Komplek Perkantoran Pemda Rokan Hulu Provinsi Riau. Wisata di Rohul yang satu ini sangat populer di Riau.

10.Mesjid Tuo Kunto Darussalam

Wisata di Rohul selanjutnya adalah Mesjid Tuo Kunto Darussalam. Destinasi Wisata Msjid Tuo Kunto Darussalam merupakan destinasi wisata bersejarah yang ada di Rokan Hulu Riau. Mesjid ini terletak di Kota Lama Kecamatan Kunto Darussalam Rokan Hulu. Mesjid Tuo Kunto Darussalam di bangun pada tahun 1937 oleh R.T Muhammad Alie.

11.Pemandian Hapanasan

Pemandian Hapanasan merupakan destinasi wisata yang memberikan sensasi pemandian air panas alami di Rokan Hulu. Objek wisata pemandian hapanasan terletak di kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Biasanya pemandian air panas Hapanasan dijadikan tempat untuk terapi tubuh.

12.Pemandian Air Panas Pawan

Pemandian Air Panas Pawan merupakan salah satu destinasi wisata air panas yang sering di kunjungi oleh pengunjung. Destinasi wisata di Rohul ini berada di Pawan, Rokan Hulu. Pemandian Air Panas Pawan adalah pemandian Air Panas yang paling terkenal di Rokan Hulu.

13.Taman Nasional Bukit Suligi

Taman Nasional Bukit Suligi merupakan salah satu Taman Nasional yang ada di Provinsi Riau. Taman Nasional Bukit Suligi berada di Kabupaten Rokan Hulu. Taman Nasional Bukit Suligi termasuk salah satu wisata andalan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu. Destinasi ini termasuk ke dalam destinasi wisata alam yang ada di Riau. Taman Nasional Bukit Suligi memiliki Luas hingga 33.000 Hektare.

14.Makam Raja - Raja Rambah

Makam Raja – Raja Rambah juga merupakan destinasi wisata sejarah yang ada di Rokan Hulu. Dahulu area makam Raja Raja Rambah ini aadalah kompleks tempat tinggal petinggi-petinggi kerajaan Rambah. Panorama Wisata di Makam Raja - Raja Rambah terlihat agak seram karena terdapat berbagai pohon besar yang ada di sekelilingnya. Namun demikian, destinasi ini tetap di kunjungi oleh banyak pengunjung.

15.Museum Kupu - Kupu

Museum Kupu - Kupu merupakan objek wisata di Rohul yang termasuk ke dalam objek wisata pendidikan. Museum kupu-kupu adalah sebuah tempat penangkaran berbagai jenis kupu-kupu. Dari berbagai informasi yang diperoleh, museum kupu-kupu yang ada di Rohul merupakan satu-satunya penangkaran kupu-kupu yang ada di pulau Sumatera. Museum Kupu - Kupu beralamat di Pematang Berangan, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau.

16.Agro Wisata Kebun Kurma

Agrowisata Kebun Kurma Rohul adalah salah satu wisata di Rohul yang termasuk destinasi agrowisata. Destinasi agrowisata ini berada di Desa Babussalam, Kecamatan Rambah  Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Agrowisata ini dibangun menggunakan dana Desa dan di resmikan oleh pemerintah pada tahun 2020.

17.Batu Gajah

Destinasi Wisata Batu Gajah adalah destinasi wisata yang termasuk ke dalam jenis destinasi wisata Alam. Destinasi wisata ini sangat menarik untuk di kunjungi. Destinasi wisata Batu Gajah juga terletak di Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu.

18. Kahati

Kahati merupakan salah satu destinasi wisata yang termasuk destinasi wisata buatan. Destinasi Objek Wisata Kohati dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa. Objek wisata Kahati terletak di Desa Koto Tinggi Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Kahati sendiri adalah destinasi wisata yang berbentuk tempat pemandian umum.

19. Istana Rokan

Istana Rokan adalah objek wisata di Rohul yang termasuk ke jenis destinasi bersejarah. Istana Rokan adalah istana peninggalan bersejarah yang dibangun pada masa pemerintahan kesultanan Nagari Tuo. Istana Rokan memiliki usia 200 tahun dan mempunyai julukan Rumah Tinggi.

20. Goa Garuda Aliantan

Goa Garuda juga merupakan salah satu objek wisata alami yang ada di desa aliantan, kecamatan kabun, Provinsi Riau. Objek wisata Goa Garuda merupakan objek wisata Goa yang lumayan menarik dan unik. Daerah di sekitar Goa juga masih asri dan alami.

Kesimpulan 

Rokan Hulu merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Riau dan memiliki cukup banyak destinasi wisata. Terdapat beraneka ragam objek wisata di Rohul. Objek wisata tersebut meliputi Goa, Air Terjun, Museum, Bebatuan, Rumah Adat, dan Lain sebagainya. Jika kamu sedang berada di Rokan Hulu, tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri menelusuri beberapa destinasi wisata yang ada di sana. 


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar