--> Skip to main content

10+ Tempat Wisata di Inhil Paling Terbaru

Sahar.ID – Indragiri Hilir (Inhil) merupakan salah satu kabupaten yang ada di wilayah provinsi Riau. Kabupaten ini memiliki julukan negeri seribu parit atau negeri seribu jembatan. Ada juga yang menyebut Inhil sebagai Negeri Hamparan Kelapa Dunia karena memang sebagian besar wilayah perkebunan dan pekerjaan masyarakat Inhil adalah sebagai petani kelapa. 

Sebagai salah satu wilayah yang ada di Riau, Inhil juga memiliki beberapa objek wisata yang cukup populer di masyarakat dan wajib anda kunjungi ketika anda sedang berada di Kabupaten Indragiri Hilir. Adapun Objek  Wisata di Inhil meliputi wisata alam, sejarah dan budaya. Destinasi nya memang tidak sebanyak destinasi di tempat lain, namun bagi seorang yang menyukai tempat dan hal-hal baru tentu anda akan penasaran dengan berbagai tempat dan budaya yang ada di Indonesia.

Tempat Wisata di Inhil Terlengkap

1.Air Terjun 86

Air terjun 86 merupakan objek wisata alam yang paling populer di kabupaten Indragiri Hilir. Air terjun ini berlokasi di dusun simpang bondowoso, desa Selensen / desa Keritang Hulu kecamatan kemuning. Air terjun ini berada tidak jauh ari kawasan Taman Nasional Bukit 30 (TNBT).

Objek Wisata di Inhil Air terjun 86 memiliki ketinggian mencapai 20 Meter. Air terjun ini memiliki tingkat kemiringan hingga 90 derajat. Jarak air terjun dengan jalan raya lintas timur sekitar 14 Kilometer. Akses jalan menuju air terjun 86 masih berbentuk jalan tanah. Sehingga tetap dapat di lalui oleh kendaraan bermotor.

(Foto By Instagram : @bim.zik)

2.Pantai Solop Mandah

Pantai Solop juga merupakan salah satu destinasi wisata kabupaten Indragiri Hilir  yang sangat terkenal. Pantai solop memiliki pemandangan yang mengesankan untuk pengunjungnya. Pertama karena pantai solop di kelilingi oleh hutan bakau yang luas. Kedua karena pasir pantai yang ada di pantai solop bercampur dengan pasir putih atau pasir sirsak. Pasir sirsak adalah pasir yang berasal dari fosil binatang laut.

Sebagai Objek Wisata di Inhil , Pantai Solop berada di desa Pulau Cawan kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir. Jika kamu orang Riau, pasti kamu tidak asing dengan lagu “Pantai Solop” yang di populerkan oleh Bapak Rusli Zainal yang pernah menjadi Gubernur Riau pada masanya.

3.Makam Syekh Abdurrahman As Shiddiq

Destinasi wisata yang satu termasuk ke dalam destinasi wisata bersejarah yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir. Syekh Abdurrahman Shiddiq adalah seorang ulama yang lahir di Kalimantan dan wafat di Indragiri Hilir. Masyarakat di Kabupaten Indragiri Hilir mengenal Syekh Abdurrahman Siddiq dengan gelar Tuan Guru Sapat. Beliau sangat berpengaruh dan berjasa di Inhil karena telah menyebarkan dan menajarkan agama Islam.

Makam Syekh Abdurrahman Siddiqh berada di Dusun Kampung Hidayat, Desa Teluk Dalam, Kelurahan Sapat, Kecamatan Kuala Indragiri (Kuindra). Setiap tahun, Makam Tuan Guru Sapat selalu ramai di kunjungi oleh peziarah lokal mapun dari luar daerah, bahkan ada juga pengunjung yang berasal dari luar Negeri. Karena di anggap sebagai salah satu objek wisata di Inhil yang populer.

Jika anda sedang mencari tempat wisata bersejarah di kabupaten Indragiri Hilir, maka Makam Tuan Guru Sapat atau Makam Syekh Abdurrahman Shidiq adalah salah satu yang paling populer di Inhil dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat anda berada di Indragiri Hilir. Anda dapat mengunjunginya di daerah Kuala Indragiri.

4. Festival Menongkah Kerang

Menongkah kerang adalah aktifitas yang dilakukan oleh masyarakat suku laut yang ada di Inhil. Masyarakat Suku laut adalah suku asli dari Indragiri Hilir. Orang-orang suku laut memiliki sebuah tradisi unik yaitu menangkap kerang di lumpur. 

Tradisi menangkap kerang dilakukan dengan menggunakan sebuah papan berukuran kurang lebih panjang 1,5 meter dan lebar 30 cm. Papan ini di gunakan layaknya papan selancar untuk menangkap kerang yang ada di lumpur. Festival Menongkah kerang di lakukan pada bulan Agustus. Wisata di inhil yang satu ini adalah wisata budaya yang bisa hanya bisa anda kunjungi satu tahun sekali. 

5.Festival Pacu Sampan Leper

Festival Pacu sampan leper merupakan sebuah tradisi budaya yang dilakukan oleh masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir. Sedangkan Sampan Leper adalah sampan yang dikendarai di atas lumpur saat kondisi air sedang surut. Untuk mengendarai sampan di atas lumpur tersebut harus menggunakan tenaga ekstra.

Festival sampan leper biasanya di adakan setiap tahun di antara bulan Juni - Agustus. Pemilihan Acara festival pacu sampan leper sangat dipengaruhi oleh konisi alam. Karena hanya bisa di adakan pada saat  air sedang surut. Wisata di inhil yang satu ini adalah wisata budaya yang bisa hanya bisa kamu kunjungi satu tahun sekali.

Lokasi acara festival pacu sampan leper berada di Kuala Getek, Sungai Luar Kabupaten Indragiri Hilir. Lomba Pacu sampan leper dilakukan dengan beberapa gaya layaknya perlombaan dalam lomba renang. Lomba Pacu sampan leper terdiri dari gaya duduk, gaya samping, gaya jongkok, dan ada pula yang gaya dorong belakang. 

(Foto from IG: @Nasruddinasnah)

6.Telaga Mablu

Telaga Mablu merupakan salah satu wisata di inhil yang memberikan suasana nyaman dan asri kepada para pengunjungnya. Seperti namanya telaga mablu adalah sebuah telaga dimana telaga mablu ini memiliki air yang tenang. Masyarakat setempat yang berada di sekitar telaga mablu masih sangat menjaga area ini agar tidak di rusak oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Di Telaga mablu juga masih banyak hewan-hewan yang tinggal di sekitarnya.

Telaga Mablu berada di Sungai Bela, Kecamatan Kuala Indragiri, Kabupaten Indragiri Hilir. Jika anda berkunjung ke makan syekh Abdurrahman Shoddiq, tidak ada salahnya anda juga singgah di telaga mablu untuk menikmati ketenangan alamnya. Karena keduanya masih sama-sama berada di kecamatan Kuala Indragiri.

7.Agrowisata Kelapa

Indragiri Hilir dikenal dengan kabupaten dengan lahan perkebunan kelapa terbesar di Indonesia. Indragiri Hilir juga di kenal dengan nama hamparan kelapa dunia. Jadi tidak heran jika pengunjung juga sering pergi menikmati agrowisata Perkebunan Kelapa yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir.

8.Rawa Gambut Pulau Cawan

Selain pantai solop, pulau cawan mandah di kenal juga dengan kaasan rawa gambut nya. Karena itu seringkali menjadi daya tarik lain bagi pengunjung yang ingin mengunjungi pulau cawan. Destinasi Rawa Gambut Pulau Cawan lebih terkhusus dan cocok untuk para penghobi atau para bikers sepeda. Di sini mereka dapat menikmati tantangan mengendarai sepeda dengan melewati rawa-rawa gambut yang ada di Pulau Cawan.

9.Sungai Gansal

Hampir seluruh wilayah Indragiri Hilir terdiri dari parit sehingga inhil di kenal dengan nama negeri seribu parit. Parit-perit tersebut terhubung dengan satu buah sungai utama yang dikenal dengan sungai Gansal.

Pengunjung yang sedang berada di Kabupaten Indragiri Hilir, tidak ada salahnya jika kamu sedikit menghabiskan waktu dengan menaiki perahu untuk menelusuri sungai-sungai dan parit-parit yang terhubung langsung dengan sungai gansal. Tentu saja aktifitas tersebut bisa di barengi dengan aktifitas lain. Misalnya saja sambil memancing atau berburu gambar.  

Salah satu sungai yg terhubung dengan sungai gansal dan cukup terkenal adalah sungai rukam yan terletak di kecamatan enok kabupaten Indragiri Hilir. Namun yang perlu di catat adalah ada banyak sungai serupa dengan sungai rukam di kabupaten Indragiri Hilir. Dan semuanya memiliki ciri khas dan sensasi yang berbeda-beda ketika di kunjungi.

10.Bukit Berbunga

Bukit Berbunga Merupakan salah satu objek wisata inhil yang berada di batu ampar. Bukit berbunga memiliki ketinggian mencapai 150 m. Di bukit berbunga ini pengunjung dapat melaksanakan aktifitas camping serta berburu foto unik. Nama bukit berbunga di ambil dari karena terdapat tanaman berbunga yang di kenal dengan bunga manik dan tumbuh hanya di sepanjang lereng bukit berbunga.

11. Kampung Selfi

Kampung selfie merupakan sebuah perkampungan di kabupaten Indragiri Hilir yang telah di buat sedemikian rupa sehingga menjadi tempat yang di jadikan tempat untuk berfoto selfi oleh masyarakat tembilahan atau Indragiri Hilir. Kampung selfie ini terletak di parit 13 kota tembilahan. Dimana dinding – dinding di sepanjang lorong atau perkampungannya di hiasi dengan lukisan-lukisan unik nan apik. Dan tentunya pengunjung tidak perlu membayar jika ingin berkunjung ke tempat ini.

12. Air Terjun Tembulun Rusa

Selain 86, ada air terjun lain yang menjadi objek wisata di inhil dan sering di kunjungi oleh masyarakat. Air terjun tersebut dikenal dengan nama air terjun tembulun rusa. Air terjun ini berada di sebelah utara desa batu ampar kecamatan kemuning kabupaten Indragiri Hilir.

Sekian informasi mengenai Daftar Tempat Wisata di Inhil paling populer. Silahkan berkunjung kembali, karena artikel ini akan selalu update jika ada destinasi baru yang masuk dalam daftar wisata inhil.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar