Cara Mendaftarkan Blog ke Yandex Webmaster

Cara Mendaftarkan Blog ke Yandex – Selain Google ada mesin pencari lain yang juga di gunakan untuk mencari sesuatu di Internet. Salah satu mesin pencari tersebut di kenal dengan nama Yandex. Lalu Mengapa kita harus mendaftarkan blog ke Yandex ? Jawabannya agar blog dapat ter indeks di mesin pencari Yandex.

Jika blog yang kita kelola dapat ter indeks di Yandex, maka potensi kedatangan pengunjung dari mesin pencari Yandex akan sangat memungkinkan meski tidak sebesar dari pengunjung yang datang dari Google. Namun setidaknya ada pengunjung yang merasakan manfaat dari apa yang kita tulis.

Cara Mendaftarkan Blog ke Yandex


Pertama-tama kamu harus membuka situs Web master Yandex terlebih dahulu. Situs web master Yandex dapat di akses melalui alamat di bawah ini.

Link : webmaster.yandex

Silakan klik link di atas. Anda akan di bawa menuju halaman awal webmaster yandex. Tampilannya seperti gambar di bawah ini.

Sama halnya dengan Google web master tools, untuk masuk ke Dashboard webmaster Yandex kamu harus login terlebih dahulu. Sila kan klik tombol login yang ada di halaman Yandex di atas. Dan kamu akan beralih halaman menuju halaman login Yandex. Perhatikan Gambar halaman login Yandex di bawah ini.

Untuk login, tentu kamu harus memiliki akun terlebih dahulu. Jika kamu belum memiliki akun yandex, kamu bisa mendaftar terlebih dahulu. Jika tidak ingin ribet, kamu dapat langsung login menggunakan akun Google. Selain akun Google kamu juga bisa menggunakan akun Facebook atau akun Twitter yang kamu miliki.

Pada tutorial cara mendaftarkan blog ke Yandex kali ini, untuk login saya menggunakan akun Google. Jadi agar sejalan dan lebih mudah, silakan kamu gunakan akun Google yang kamu miliki. 

Klik icon Google yang berada di bilah bagian bawah dan ikuti pilih akun Google yang kamu punya. Jika sudah maka Perhatikan gambar di bawah ini.

   


Klik Tombol “Accept” yang berwarna kuning dan kamu akan otomatis di bawa menuju ke halaman Dashboard utama Webmaster Yandex. Perhatikan gambar Dashboard utama Yandex yang bertuliskan “Welcome to Yandex.Webmaster di bawah ini”.

 


Klik button “GO” yang berwarna kuning untuk melanjutkan ke Langkah Cara Mendaftarkan blog ke Yandex selanjutnya. Setelah kamu melakukan klik pada tombol “GO”, maka kamu akan di baa lagi menuju halaman baru. Perhatikan gambar di bawah ini.

 


Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan saat sudah sampai di tahap ini adalah melakukan add site. Artinya sama dengan menambahkan Website / blog. Silakan kamu klik tombol “Add site”.

 


Isi form yang ada di halaman tersebut dengan alamat url blog atau website yang ingin kamu daftarkan ke Yandex.

 


Lalu klik tombol “Add”. Anda akan di bawa ke halaman dengan tampilan baru lagi. Lihat gambar berikut.

 


Jika sudah sampai pada tahap ini artinya kita sampai pada tahap akhir dalam Langkah - Langkah Cara Mendaftarkan Blog ke Yandex. Pada bagian selanjutnya kamu akan melakukan verifikasi kepemilikan blog.

Pada gambar di atas ada 3 cara untuk melakukan verifikasi kepemilikan blog yaitu dengan html tag, meta tag dan Dns record. Klik bagian “Meta Tag”.

 


Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah copy tag meta yang ada di halaman tersebut. <meta name=”yandex-verification” content=...............

Copy dari tag pembuka < hingga tag penutup />. Jangan ada yang tertinggal. Lalu buka blog dashboard blog yang sudah kamu add site sebelumnya. Kemudian buka halaman template, dan pilih edit template.

Kemudian paste kode meta tag tadi ke bagian head template blog kamu. Lihat gambar di bawah ini.

 


Setelah kamu selesai mempastekan kode meta tag tadi di bagian head template blog, klik simpan perubahan. Selanjutnya kembali ke halaman Webmaster.Yandex, lalu klik tombol berwarna kuning yang bertuliskan “Check”. Maka akan muncul jendela konfirmasi email.

 


Tekan tombol Confirm.

 


Apabila kamu telah sampai pada halaman ini maka selamat kamu telah berhasil menambahkan blog ke webmaster.yandex dan artikel Cara mendaftarkan blog ke yandex selesai.

Kamu hanya tinggal bersabar hingga blog yang kamu daftarkan ke webmaster yandex tadi selesai di crawl oleh mesin pencari yandex. Mungkin akan memakan waktu hingga beberapa hari. 

Sekian tulisan mengenai Cara Mendaftarkan Blog ke Yandex dan mudah-mudahan blog yang kamu kelola dapat cepat terindex oleh Yandex dan menjadi sumber traffik tambahan di masa selanjutnya. 

Belum ada Komentar untuk " Cara Mendaftarkan Blog ke Yandex Webmaster"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel