Tutorial Cara Memotong Video di Filmora

Sahar.ID – Filmora merupakan aplikasi video editing yang sangat populer untuk PC atau laptop. Banyak orang yang merekomendasikan aplikasi ini. Penggunaannya dianggap lebih mudah dibandingkan aplikasi video editing lainnya. Jika anda ingin belajar edit video, maka filmora menjadi salah satu apikasi yang saya rekomendasikan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu teknik dasar dalam dunia editing video adalah teknik untuk memotong video. Tujuan memotong video adalah untuk mengambil bagian-bagian yang ingin digunakan dan membuang bagian video yang tidak dibutuhkan. Sesuai judul, Khusus pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara memotong video di aplikasi wondershare Filmora ?

Cara Memotong Video di Filmora

Pertama, buka terlebih dahulu aplikasi filmora yang anda miliki dan pilih new project untuk membuat project baru. Setelah aplikasi terbuka maka lanjut ke langkah kedua.

Kedua, Silahkan import vidio yang ingin anda potong bagiannya. Cara import nya pilih menu import, piliha vidio. 

Setelah video berhasil di impor dan masuk ke filmora maka selanjutnya anda bisa lihat langkah ketiga.

Ketiga, Selanjutnya masukkan vidio tersebut ke dalam time line project. Bisa dengan cara add to project atau dengan cara tarik video langsung ke timeline video. Para editor biasanya menggunakan cara menarik langsung ke timeline.

Setelah vidio yang ingin anda potong masuk di timeline editing, maka silahkan lanjut ke langkah keempat.

Langkah keempat, Play vidio anda terlebih dahulu. Ini dilakukan agar anda bisa menemukan bagian mana yang rasanya harus di potong. 

Saat memutar video akan tampak sebuah penggaris yang ikut bergerak. Penggaris ini menunjukkan bagian yang sedang diputar pada video . Setelah menemukan bagian yang ingin di potong, tarik penggaris tadi menuju bagian video yang ingin anda potong. Lanjutkan langkah kelima.

Langkah kelima, setelah penggaris tadi telah anda tempatkan bada bagian yang ingin anda potong, selanjutnya untuk memotong vidio tersebut silahkan anda klik gambar gunting yang ada di atas timeline vidio. Anda juga bisa memotong bagian video tersebut dengan menekan ctrl+b. Lanjut langkah keenam.

Setelah anda melakukan klik pada gambar gunting atau menekan ctrl+b, maka bagian pada penggaris akan terpotong. Lihat Gambar.

Baca Juga : Cara Memisahkan Audio dengan Vidio di Filmora


Setelah memotong bagian video tadi, Selanjutmya adalah menghapus vidio tersebut. Untuk menghapusnya, klik pada video yang ingin dihapus atau dibuang, lalu klik kanan dan pilih delete.

Sampai disini video anda telah berhasil di potong dan sekalian dihapus dari video aslinya.

Memotong video merupakan teknik dasar dalam dunia editing video. Karena itu jika ingin mahir dalam edit video berarti minimal harus bisa melakukan pemotongan video. Di aplikasi lain biasanya tidak jauh berbeda, kadang yang membedakan hanya letak posisi timeline video atau letak perintah untuk memotong video tersebut. Nama lain dari teknik memotong video ini adalah teknik “split”. Jadi jangan heran jika mendengar istilah split pada saat editing video. Sekian artikel tutorial mengenai Cara untuk memotong video di filmora. Semoga bermanfaat.


Belum ada Komentar untuk "Tutorial Cara Memotong Video di Filmora"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel