Pesona dan Sensasi Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Yogyakarta



Pantai Pok Tunggal Yogakarta – Yogyakarta memang sangat kaya dengan wisata alamnya, terlebih dengan wisata pantai. Pantai Pok Tunggal adalah salah satu dari jajaran pantai di gunung kidul Jogjakarta. Lokasi Pantai Pok Tunggal ada di desa tepus, kecamatan Tepus , Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasinya tidak begitu jauh dari Pantai Indriyani. Jarak Pantai Pok Tunggal dengan Wonosari sekitar 50 KM. Jika dari kota Yogyakarta, perjalanan akan memakan waktu sekitar 2-3 Jam.

Pok Tunggal merupakan pantai yang termasuk baru tenar di Yogyakarta. Akses menuju pantai ini cukup bagus. Namun sebelum sampai di pantai ada jalan yang cukup sulit untuk dilalui, jaraknya kurang lebih sekitar 2 KM. Jalan tersebut kecil dan berliku-liku. Tapi tenang saja akses jalan seperti itu masih sangat mudah untuk dilalui bahkan oleh mobil pribadi sekalipun.

Konon katanya, di kawasan pantai ini tumbuh satu batang pohon besar. Pohon tersebut adalah pohon yang di anggap pohon langka. Pohon itu bernama pohon duras. Berdasarkan cerita sekitar, karena hanya ada satu batang (tunggal) pohon duras yang tumbuh disana pada akhirnya nama pantai tersebut di beri nama Pantai Pok Tunggal.

Oh iya sebenarnya sebelum saya memutuskan untuk ke pantai pok tunggal, saya sudah riset di mesin pencari mengenai pantai di yogyakarta. Dan mata saya tertuju pada gambar pohon duras pantai pok tunggal ini. Sata melihat gambar tersebut di ambil dengan cara yang sangat menarik dan hasilnya mata saya tidak dapat berpaling darinya. Namun saya sedikit kecewa, karena saat saya berada di pantai pok tunggal saya tidak menemukan pohon duras tersebut. Entah memang sudah tidak ada, atau saya yang tidak menemukannya.


Sekitar 4 jam Saya menghabiskan waktu berkeliling di daerah pantai pok tungga ini. Saya juga tidak lupa untuk mengabadikan moment disana (pantai pok tunggal). Di sana pengunjung disajikan pemandangan pantai yang indah dengan hamparan laut yang sangat luas. sesekali ombak dengan tinggi 1 meter datang menerjang bebatuan di sisi pantai.

Pantai Pok Tunggal di apit oleh tebing bebetuan yang cukup tinggi. Dari atas tebing tersebut pengunjung dapat melihat keindahan pantai lebih maksimal. Ketika berada di atas tebing ini kita akan merasakan suasana yang lebih menyegarkan tubuh. Menurut saya di atas tebing inilah saya dapat merasakan sensasi yang luar biasa dari hanya sekedar mantai. Saya sudah mencoba sensasinya. ( Anda kapan ? )


Puas menikmati pemandangan pantai pok tunggal dan lautan dari atas tebing, saya kembali turun ke bawah (tepi pantai) dan menikmati kembali terjangan ombak pantai.  Semula saya berencana ingin sekalian mandi di pantai ini, tapi niat saya surut karena saya lupa membawa pakaian ganti. Di tepian pantai juga ada banyak pengunjung yang sedang menikmati suasana pantai.

Ada yang piknik bersama keluarga, ada yang membentang tikar dan berbaring di atas tikar tersebut dan di teduhi oleh payung berwarna warni dan ada pula yang tengah asik bermain air di tepi pantai pok tunggal ini.

Puas berada di Pantai Pok Tunggal, saya dan keluarga mulai berbenah dan bersiap-siap untuk menuju tempat selanjutnya. Berhubung waktu sudah lumayan sore dan kami juga harus kembali ke Kota Jogjakarta, kami memilih pantai terdekat untuk tujuan wisata selanjutnya. Destinasi yang kami tuju juga merupakan pantai, yaitu pantai Indriyani.

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Yogyakarta

Oh Iya, Pantai Pok tunggal ini merupakan pantai pertama yang saya kunjungi dalam perjalanan hidup saya. Dan saya rasa ini cukup berkesan bagi saya. Mungkin esok di lain waktu saya ada rezki baik dana maupun waktu saya akan kembali lagi disini bersama teman-teman saya untuk mendirikan tenda beberapa hari. Saya cukup penasaran dengan sensasinya.

Jadi jika teman-teman sedang berada di jogjakarta, mencari - cari objek wisata yang ingin di kunjungi, tidak ada salahnya memilih pantai pok tunggal Yogyakarta sebagai salah satu tujuan anda. Dan terima kasih telah membaca.

0 Response to "Pesona dan Sensasi Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Yogyakarta "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel