Cara Cek Peringkat Akreditasi Jurusan dan Kampus Secara Online


Sahar.ID – Akreditasi jurusan maupun akreditasi kampus menjadi Salah satu poin penting yang sering di perhatikan seseorang sebelum memutuskan untuk melanjutkan ke kampus mana dan jurusan apa. Akreditasi Jurusan dan Akreditasi kampus merupakan sebuah pemeringkatan yang dilakukan oleh sebuah badan yang bernama Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Indonesia (BAN-PT) dengan standar tertentu.

Semakin baik peringkat akreditasi jurusan atau kampus yang di peroleh dari BAN-PT Indonesia, maka sebuah perguruan tinggi dan jurusannya akan di anggap semakin baik pula kualitasnya.
Lalu bagaimana cara cek akreditasi jurusan dan akreditasi kampus secara online ? Silahkan simak tutorial nya di bawah ini.

Cara Cek Peringkat Akreditasi Jurusan dan Kampus 


Cara Cek Akreditasi Jurusan


  • Langkah Pertama : Pastikan anda memiliki koneksi internet
  • Langkah Ke-Dua : Buka Web Browser yang anda miliki (Chrome,Mozilla,Operamini dll)
  • Langkah Ke-Tiga : Kunjungi website Badan Akreditasi Nasional Indonesia atau BAN-PT Indonesia di www.ban-pt.or.id 
  • Langkah ke-Empat : Setelah halaman website terbuka, arahkan kursor menuju menu “Data Akreditasi” lalu klik program studi terkini. Maka akan muncul tabel list data daftar jurusan beserta akreditasi.
  • Langkah Ke-Lima: Pada kolom Universitas, isi nama perguruan yang ingin anda periksa peringkat akreditasi jurusannya. Maka akan muncul daftar jurusan beserta akreditasi dan beberapa informasi lainnya sesuai dengan nama perguruan tinggi yang anda isikan tadi.
  • Langkah Ke-Enam : Pada kolom jurusan isi nama jurusan atau program studi yang ingin anda periksa peringkat akreditasinya. Maka akan muncul informasi peringkat akreditasi jurusan yang anda isikan tadi. Sampai disini anda telah berhasil mendapatkan informasi mengenai peringkat akreditasi jurusan yang anda cari.

Cara Cek Akreditasi Kampus

  • Langkah Pertama : Pastikan anda memiliki koneksi internet
  • Langkah Ke-Dua : Buka Web Browser yang anda miliki (Chrome,Mozilla,Operamini dll)
  • Langkah Ke-Tiga : Kunjungi website Badan Akreditasi Nasional Indonesia atau BAN-PT Indonesia di www.ban-pt.or.id 
  • Langkah ke-Empat : Setelah halaman website terbuka, arahkan kursor menuju menu “Data Akreditasi” lalu klik “Institusi Terkini”. Maka akan muncul tabel list data daftar perguruan tinggi beserta akreditasi.
  • Langkah Ke-Lima: Pada kolom Perguruan Tinggi, isi nama perguruan tinggi yang ingin anda periksa peringkat akreditasinya. Maka akan muncul informasi peringkat akreditasi beserta informasi penting lain mengenai perguruan tinggi yang anda isi tadi. Sampai disini anda telah berhasil mendapatkan informasi mengenai peringkat perguruan tinggi  jurusan yang anda cari.
Note : Jika perguruan tinggi yang anda cari tidak anda temukan, ada 3 kemungkinan yang bisa saja menjadi penyebabnya, yaitu salah pengetikan, data belum di update atau perguruan tersebut memang belum terakreditasi peringkatnya. Begitu juga pada data akreditasi jurusan atau program studi.

Post a Comment

0 Comments