5 Spot Mancing di Pekanbaru dan Sekitarnya


Sahar.ID – Memancing merupakan salah satu aktifitas yang sering dijadikan hobby bagi sebagian orang. Baik untuk memenuhi kebutuhan dapur atau hanya sekedar untuk menghilangkan jenuh dan rasa bosan menjalani kehidupan. Dulu saat saya masih tinggal di kampung, aktifitas memancing juga pernah menjadi hobby yang saya lakukan dengan rutin.

Saat saya menulis artikel ini, sudah hampir tujuh tahun saya tinggal di kota pekanbaru. Dan baru dalam dua bulan terakhir saya mulai rutin kembali melakukan aktifitas mancing memancing.

Hal yang cukup membingungkan ketika ingin memancing di daerah perkotaan adalah mencari spot mancing. Tetapi setelah riset dan bertanya kesana kemari, mencoba meng-eksplore beberapa tempat bersama teman-teman saya, akhirnya saya mendapatkan beberapa lokasi yang cocok untuk memancing di Kota Pekanbaru dan sekitarnya.

Spot Mancing di Kota Pekanbaru dan Sekitarnya


Spot Sungai Kampar


Bagi masyarakat Riau, khususnya kota pekanbaru dan sekitarnya pasti sudah tidak asing lagi dengan nama sungai kampar. Sungai kampar merupakan sungai yang bermuara di provinsi Riau dan berhulu di bukit barisan sumatera barat. Sungai ini terbentang melintasi beberapa kabupaten/kota dan salah satunya kota pekanbaru.

Sungai kampar ini menjadi salah satu tempat favorit bagi masyarakat ketika ingin memancing ikan. Karena ada banyak jenis ikan yang hidup di dalamnya. Salah satu ikan yang populer di sungai kampar ini adalah ikan tapah.

Spot Sungai Siak


Selain sungai kampar, sungai lain yang juga berada di sekitar kota pekanbaru adalah sungai siak. Sungai Siak merupakan sungai yang paling dalam di Indonesia. Dahulu kedalaman sungai siak mencapai 30 meter.
Di sungai siak ini masyarakat kota pekanbaru juga banyak melakukan aktifitas pemancingan. Salah satu tempat yang sering saya lihat ada masyarakat memancing adalah di bawah jembatan leton empat Kota Pekanbaru.

Spot di Kubang


Di Pekanbaru, Kubang merupakan salah satu jalan besar yang selalu di lewati mobil-mobil koldisel. Sebagian daerah kubang terdapat kebun sawit yang berjejer. Di antara pepohonan sawit tersebut biasanya terdapat parit-parit kecil yang di jadikan sebagai tempat memancing oleh masyarakat. Salah satu lokasi yang selalu ramai pemancing adalah di Desa Kualu dan di jalan bupati.

Spot Tratak Buluh


Tratak Buluh merupakan sebuah daerah yang tidak termasuk wilayah kota pekanbaru. Tratak buluh sudah termasuk kedalam wilayah pemerintahan kabupaten kampar. Tratak buluh merupakan wilayah yang berbatasan langsung antara kabupaten kampar dan kota pekanbaru.

Di Tratak buluh ada banyak sekali spot untuk memancing. Spot tersebut meliputi kanal dan parit-parit kecil. Selain parit dan kanal, di dekat pasar tratak buluh juga di lewati oleh jalur sungai kampar. Tratak buluh adalah tempat favorit bagi saya untuk memancing.

Spot pertama yang menjadi tempat pilihan saya dan kawan-kawan jika ingin memancing adalah di kawasan dusun perupuk. Disana terdapat kanal dan parit-parit kecil yang ikannya lumayan banyak. Rata-rata ikan yang kami dapatkan di spot tratak buluh bagian dusun perupuk adalah ikan puyuh atau betok, kepar, haruan atau gabus, lais, dan seluang. Sesekali juga kami dapat ikan baung dan ikan lele.

Selain spot tratak buluh dusun perupuk, ada juga spot mancing yang cukup bagus yaitu tratak buluh bagian arah kampung siam. Disana ada juga jenis ikannya serupa dengan ikan-ikan yang saya dapatkan bersama kawan-kawan di dusun perupuk ditambah  juga dengan jenis ikan belida.


Spot di Rimbo Panjang


Rimbo panjang adalah salah satu nama desa yang berbatasan denan kota pekanbaru. Rimbo Panjang merupakan wilayah dari Kec. Tambang, Kabupaten Kampar.

Di Rimbo Panjang atau Tambang ada banyak parit-parit kecil yang sering digunakan untuk tempat masyarakat memancing. Jika anda sedang mencari spot mancing di sekitar kota Pekanbaru, Daerah Rimbo Panjang dapat di jadikan salah satu lokasi yang cukup bagus.

Salah satu tempat yang sudah saya coba adalah jalan sebelum pesantren gontor putri. Lokasinya masuk sekitar 3 km ke dalam perkebunan sawit hingga menemukan aliran sungai kecil berair hitam. Kebanyakan ikannya adalah baung, seluang, puyu dan lele.

Itulah 5 spot mancing di Kota Pekanbaru dan sekitarnya. Sebenarnya selain kelima spot tersebut ada banyak spot lain yang juga cukup bagus seperti parit-parit di daerah parit indah dan sekitaran pusat kota.

Perlu di perhatikan bahwa spot mancing di atas adalah daerah-daerah secara umum. Detail tempatnya bisa anda tanyakan ke warga sekitar. Dan juga ada beberapa titik yang telah diberikan plang pemberitahuan “Dilarang memancing”. Jadi bijaklah memilih lokasi memancing dimanapun anda berada.

0 Response to "5 Spot Mancing di Pekanbaru dan Sekitarnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel