Cara Membuat dan Menampilkan Label di Blogger

Sahar.ID – Salah satu hal yang sangat penting ketika kita menulis postingan di blogger adalah memberikannya kategori. Di blogger kategori dikenal juga dengan sebutan label. Tujuan dari pemberian label di postingan adalah untuk mengelompokkan termasuk apa topik artikel yang anda buat saat itu.

Cara Membuat Label di Blogger

Langkah-langkah untuk memberikan kategori atau label pada postingan blog sangat mudah, yaitu:

1#. Buka Dashboard Blogger anda, Klik New Post atau edit postingan yang ingin di beri label.

2#. Pada bagian kanan dari tempat menulis artikel ada menu Label, Klik saja menu Label tersebut.


3#. Setelah itu anda langsung dapat menuliskan labelnya. Silahkan buat nama kategori sesuai dengan keinginan anda. Misalnya saya membuat Label “Tutorial Blogger”. Lihat Gambar berikut.



4#. Anda juga bisa membuat beberapa label dalam satu buah postingan. Cukup memisahkan setiap label dengan tanda koma (,). Lihat kotak merah pada gambar berikut:


5#. Jika sudah siap klik tombol selesai. Sampai disini anda telah selesai membuat kategori atau label untuk artikel anda.


Yang dilingkari merah pada gambar diatas adalah label yang kita buat tadi. Sampai disini artinya kita telah berhasil untuk membuat artikel dengan label didalamnya. Selanjutnya kita juga bisa menampilan label di blog.

Cara Menampilkan Label di Blog

Secara default label akan tampil dibagian atas artikel. Tapi hal ini tergantung template blogger yang anda gunakan.


Di dalam kotak merah yang ada pada gambar di atas tampak kalau label blog telah muncul dan terletak dibagian atas judul artikel (Breadcrumb).

Kita juga dapat menampilkan label blog dengan menampilkan semua daftar label dengan cara menambahkan widget Label di Sidebar Blog.

Caranya:
1#.Pada halaman Dashboard blog silahkan klik menu Tata Letak,  


Kemudian pilih Tambahkan Widget, lalu cari Pilihan Label.


Kemudian isi kotak konfigurasi label yang muncul lalu klik Simpan dan tunggu beberapa saat sampai widget label berhasil ditambahkan.

Coba kita lihat halaman blog kita. Apakah sudah ada widget label yang tertambah ? kalau ada maka tampilannya lebih kurang akan seperti ini.



Sampai disini kita telah berhasil belajar cara membuat dan menampilkan label di blog. Semoga bermanfaat dan selamat bereksperimen.

0 Response to "Cara Membuat dan Menampilkan Label di Blogger"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel