Cara Membuat Blog Gratis Dengan Cepat di Blogger.com

Sahar.ID - Cara Membuat Blog Gratis Dengan Cepat di Blogger.com – Dewasa ini Banyak orang yang ingin memiliki blog, mungkin orang tersebut termasuk anda. Dari sekian banyak yang ingin membangun blog sebagian besar bingung bagaimana caranya, bagaimana memulainya. Yang saya yakini adalah anda yang termasuk kedalam orang-orang yang saya kamsud pasti memiliki alasan dan tujuan masing-masing. Lewat tutorial ini anda akan dipandu langkah perlangkah agar dapat membuat blog gratis dengan mudah. Anda juga akan diberitahukan hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan.



Sebenarnya membuat blog sangatlah mudah. Seperti pada artikel sebelumnya, saya menyatakan bahwa platform blogger.com adalah platform yang banyak digunakan untuk membangun blog. Hal itu karena penggunaannya yang sangat mudah. Hanya dengan waktu beberapa menit anda akan mampu membuat blog. 

Persiapan Membangun Blog Baru di Blogger.com

Beberapa hal yang harus anda persiapkan sebelum mulai membuat blog di platform blogger.com adalah satu buah browser, koneksi internet, pc, laptop, smartphone atau perangkat lain dan satu buah akun gmail.

Untuk browser anda bisa menggunakan firefox atau chrome atau browser lainnya. Untuk membuat tutorial ini saya menggunakan chrome sebagai browsernya. Bagi saya chrome lebih cepat dan mudah digunakan. 

Untuk perangkat anda bisa menggunakan perangkat apapun yang anda inginkan misal PC, Laptop atau smartphone sekalipun. Dalam tutorial ini saya menggunakan Laptop milik saya. Silahkan tetapkan perangkat yang akan anda gunakan.

Siapkan satu buah akun gmail agar kita bisa langsung membuat blog. Jika anda belum memiliki akun email dari google mail (G-Mail), terlebih dahulu anda harus membuatnya. Jangan lupa untuk memastikan koneksi internet di perangkat anda. Blog tidak akan bisa dibuat jika perangkat yang akan anda gunakan tidak terhubung dengan internet.

Jika kesemua persiapan di atas telah siap maka anda sudah dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu membuat blog baru di platform blogger.com.

Cara Membuat Blog Baru di Blogger.com

Membuat blog baru dapat diselesaikan dalam beberapa menit. Adapun secara umum langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

#1.Buka web browser anda lalu ketik url web www.blogger.com.

#2.Langkah kedua adalah melakukan login dengan alamat e-mail gmail. Masukkan alamat e-mail anda dan masukkan password e-mail anda. 

#3.Jika anda berhasil login menggunakan akun e-mail anda, maka anda akan dibawa ke halaman selanjutnya. Yaitu pembuatan nama akun blogger.com. Pembuatan nama akun blogger.com ini hanya berlaku bila anda baru pertama kali masuk ke blogger.com. 

Isi nama yang anda inginkan. Nama akun ini adalah nama yang akan muncul sebagai profil anda di platform blogger. Jika anda tidak dialihkan ke halaman pembuatan nama akun blogger, maka anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya.

#4.Selanjutnya, setelah selesai membuat nama akun platform blogger anda akan dibawa ke halaman utama dashboard blogger. Adapun halaman utama dashboard blogger dapat anda lihat seperti gambar di bawah ini.



Pada sidebar sebelah kiri hanya ada menu New Blogger dan tanda panah kebawah, Tulisan Welcome, Menu Setting, Reading List dan Help. Kesemua menu itu memiliki fungsi masing-masing. Sampai disini tinggal sedikit lagi anda akan berhasil membuat blog baru.

#5.Langkah selanjutnya adalah anda klik button yang berwarna orange dan bertuliskan “CREATE NEW BLOG”. Tombol tersebut adalah tombol untuk membuat blog baru. Setelah anda klik tombol tersebut maka akan ada jendela baru yang muncul seperti gambar dibawah ini.



#6. Pada gambar di atas ada 2 kolom yang harus di isi dan daftar template yang harus dipilih salah satunya. Pada kolom “Title” silahkan isi formnya dengan judul blog anda. Anda bebas mengisi dengan nama apa saja. Sebagai contoh Saya mengisinya dengan nama judul blog “Tutorial Belajar Blog”.

Sedangkan untuk kolom Adress anda harus mengisinya dengan alamat url yang anda inginkan. Misalnya pada tutorial ini saya menggunakan alamat “TutorialBloggerSahar.blogspot.com”. Coba lihat gambar berikut ini.



Ketika menuliskan alamat di kolom adress, pastikan muncul centang biru dan ada tulisan alamat tersebut tersedia untuk didaftarkan. Perlu diketahui bahwa tidak ada alamat url blog yang sama didunia. Jadi jika anda menuliskan sebuah alamat di kolom adress dan tidak muncul centang biru disebelah kolom maka dipastikan alamat url tersebut tidak tersedia untuk didaftarkan. Lihat gambar dibawah ini sebagai contoh bahwa alamat yang mau di daftarkan pada kolom adress jika tidak tersedia.



Silahkan alamat lain sampai alamat url yang anda inginkan dinyatakan tersedia untuk didaftarkan. Simpelnya sampai ada centang biru disebelah kolom adress.

Setelah url telah tersedia untuk didaftarkan, selanjunya pilih template yang anda inginkan. Di bawah kotak adrees tersebut ada berbagai tema yang telah disediakan oleh platform blogger.com untuk dijadikan tampilan utama blog anda. Pada tutorial ini saya menggunakan template “Picture Window”.

Selesai memilih template selanjutnya klik tombol “Create Blog” atau “Buat Blog”. Akan ada proses yang terjadi lalu akan muncul tampilan “google domain beta”. Silahkan di close saja tampilan jendela tersebut. Gambar jendela “Google Domain Beta” di bawah ini.



Setelah anda klik tombol close pada jendela google domain beta di atas maka akan tampil halaman utama blog anda. Sampai disini saya ucapkan Selamat !! Blog anda telah selesai dibuat.



Nah, sampai disini blog baru anda telah selesai di buat. Langkah selanjutnya adalah membuat artikel atau tulisan di blog yang anda buat. Silahkan baca tutorialnya di halaman Cara membuat tulisan baru di blog platform blogger.com

0 Response to "Cara Membuat Blog Gratis Dengan Cepat di Blogger.com"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel