Cara Membuat Artikel Baru untuk Blog di Blogger.com

Sahar.ID – Setelah membuat blog baru langkah selanjutnya kita akan belajar cara membuat artikel baru di blog yang dibuat dari platform blogger.com. Tujuan membuat artikel ini adalah agar tulisan kita bisa terbit di internet dan ada yang bisa kita bagikan ke orang lain. Untuk jenis artikel terserah anda. Anda bisa membuat tulisan atau niche apa saja yang anda inginkan. Tetapi catat satu hal, jangan copy paste dan jangan melanggar hukum yang berlaku.

Sebelum lanjut, pada tutorial ini saya jelaskan bahwa tutorial kali ini di khususkan bagi teman-teman yang baru memulai membuat blog dan baru belajar dari awal mengenai blogging di platform Blogger. Jika anda belum memiliki blog dan belum mengetahui bagaimana caranya, silahkan baca tulisan berjudul Cara Membuat Blog dengan Cepat di Blogger.com yang sudah saya terbitkan sebelum artikel tutorial ini.


Cara Membuat Artikel Baru di Blogger

#1.Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka blog yang telah anda buat sebelumnya. Caranya ketik “www.blogger.com” di web browser anda. Silahkan masukkan email dan password login anda jika diminta.

#2.Jika blog anda berhasil dibuka, selanjutnya anda akan melihat tampilan utama dashboard blogger yang belum memiliki artikel sama sekali. Lihat gambar:



Ada beberapa menu dan pilihan dari tampilan yang di sana. Untuk membuat artikel baru silahkan klik tulisan “Create a New Post”. Anda juga bisa membuat artikel baru dengan melakukan klik pada tombol berwarna orange yang bertuliskan “New Post”. Keduanya memiliki fungsi yang sama.

Tulisan “Create New Post” tidak akan muncul lagi jika anda telah memiliki artikel nantinya atau setelah anda membuat artikel.

#3. Setelah menekan tombol atau tulisan Create New Post maka akan tampil sebuah halaman baru. Di halaman inilah anda akan mulai menuliskan artikel anda. Lihat ambar:


#4. Pada tahap ini anda sudah dapat mulai menulis artikel pada kolom disediakan. Pada kolom atau kotak kecil yang di atas adalah tempat untuk menuliskan Judul Artikel Anda. Sedangkan kolom atau kotak besar yang berada di bawah digunakan untuk membuat artikel itu sendiri. Lihat Gambar:



Di halaman untuk menulis artikel pada blogger.com ini, tersedia banyak fitur lain untuk mendukung penulisan artikel agar jadi lebih mudah sehingga anda tidak perlu lagi untuk menulis artikel dengan menggunakan tag-tag html. Fitur lain yang saya maksud adalah seperti Bold (B) untuk menebalkan huruf, Italic (I) untuk memiringkan huruf, Underline (U) untuk memberi garis bawah pada huruf dan lain-lain. Secara lengkap saya jelaskan fungsi-fungsi tersebut pada artikel yang berjudul Fungsi Fitur-Fitur Pendukung di Halaman Buat Artikel pada Blogger.com.

5#. Setelah selesai menulis artikel anda klik “Publikasikan / Publish / Terbitkan”  untuk menerbitkan artikel. Jika anda selesai meng-klik tombol publikasikan, tunggu beberapa saat maka artikel anda akan selesai di terbitkan.



Setelah terbit, tentu saja anda ingin melihat bagaimana hasilnya di Internet. Untuk mengetahui hal itu, silahkan arahkan kursor pada baian bawah judul artikel yang sudah d terbitkan. Disana ada pilihan Edit, Lihat dan Hapus (Edit, View and Delete) . Klik pilihan “Lihat”. Maka akan terbuka sebuah jendela baru menuju halaman blog anda. Halaman tersebut berupa artikel yang baru saja anda buat.


Sampai disini anda telah berhasil membuat artikel pertama anda di blog yang telah anda buat. Selanjutnya kita akan belajar bagaimana Cara Menambahkan Foto di Artikel Blog dengan Mudah.

0 Response to "Cara Membuat Artikel Baru untuk Blog di Blogger.com"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel