Tempat Wisata Alam, Budaya dan Sejarah di Inhil

Sahar.ID – Inhil merupakan singkatan dari Indragiri Hilir dan merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Riau dengan ber-Ibukota Tembilahan yang juga di kenal dengan sebutan Negeri Hamparan Kelapa dunia, negeri seribu parit dan atau negeri seribu jembatan. Memang benar Tempat wisata di Inhil tidak sebanyak objek wisata di daerah lainnya. Namun terdapat beberapa destinasi yang cukup diperhitungkan disini.

Kabupaten Indragiri Hilir memiliki beberapa tempat bersejarah seperti Makam Syekh Abdurrahman atau dikenal masyarakat setempat dengan sebutan Makam Tuan Guru Sapat karena memang lokasinya di daerah Sapat. Ada juga tradisi pengantin sahur yang rutin dilaksanakan pada setiap bulan suci Ramadhan di Indragiri Hilir. Selain itu masih banyak tempat – tempat yang sering di kunjungi wisatawan ketika berkunjung ke inhil baik wisata budaya, alam maupun wisata sejarah.

Tempat Wisata di Indragiri Hilir


Air Terjun 86


Destinasi Alami yang tidak pernah sepi pengunjung di Inhil tidak lain dan tidak bukan adalah Air Terjun 86. Air terjun ini terletak di kecamatan kemuning kabupaten Indragiri Hilir. Daerah Kemuning sendiri berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi dan kabupaten Indragiri Hulu. Akses untuk menuju air terjun ini cukup terjal untuk dilalui. Meski demikian keindahan 86 dapat menghilangkan semua lelah yang dilalui. Perlu diketahui bahwa Debit air di air terjun ini tetap stabil meski sedang dalam musim kemarau. Air terjun 86 memiliki ketinggian mencapai 20 meter dengan Dinding bebatuan yang terbentuk secara alami.


Air Terjun Tembulun Rusa


Tembulun Rusa merupakan destinasi wisata alam yang juga berada di Kabupaten Indragiri Hilir. Letak Air terjun tembulun rusa adalah di desa batu ampar kecamatan kemuning provinsi Riau. Air terjun ini berada tidak jauh dari air terjun 86 yang juga ada di kecamatan kemuning. Tembulun Rusa memiliki ketinggian air terjun yang mencapai 18 meter dengan bebatuan berbentuk tangga menuju atas. Air terjun ini cukup populer bagi masyarakat inhil khususnya dan Riau umumnya.

Pantai Solop


Pantai solop juga merupakan salah satu wisata alam dan merupakan destinasi unggulan yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir. Pantai solop merupakan pantai yang berada di Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir. Pantai solop cukup indah dengan pantai pasir disepanjang bibir pantai serta hutan bakau disekitarnya. Yang paling unik dari pantai solop ini adalah pasir putih yan berasal dari fosil laut. Tepatnya Pantai solop berada di Pulau Cawan, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

Pantai Cinta Teluk Kiambang



Sebenarnya destinasi ini bukanlah sebuah pantai, akan tetapi masyarakat telah akrab menyebutnya dengan nama pantai. Sebenarnya tempat ini adalah gundukan pasir yang ada dan nampak ketika air surut. Meski demikian tempat ini menjadi tempat yang ramai didatangi ketika liburan tiba, seperti saat Idul Fitri dan hari libur lainnya. Masyarakat sekitar sering menyebut daerah ini dengan sebutan pantai cinta.

Danau Mablu


Danau Mablu merupakan satu kawasan yang terletak di sungai pulau basu daerah antara concong luar dan kuala Indragiri. Destinasi yang disajikan adalah destinasi adventure menggunakan perahu untuk menikmati keindahan pepohonan mangrove yang menjuntai kearah sungai.

Pacu Sampan Leper


Pacu sampan leper bukanlah wisata alam, melainkan termasuk kedalam wisata budaya. Pacu sampan leper memang terdengar cukup asing di telinga wisatawan luar inhil, karena memang budaya pacu sampan leper sangat jarang ditemui di Indonesia. Pacu Sampan Leper merupakan ajang perlombaan pacu sampan. Yang berbeda dan menjadi unik adalah jika biasanya pacu sampan dilakukan diatas air, kali ini di negeri seribu parit pacu sampan dilakukan dengan mendayung di atas lumpur. Pacu sampan leper merupakan destinasi budaya khas dan unik yang ada di inhil, Riau. Perlombaan pacu sampan leper sendiri biasanya di adakan menjelang acara 17 agustusan dan telah menjadi destinasi wisata budaya yang unik dan menarik di kabupaten Indragiri Hilir.

Festival Manongkah Kerang


Selain acara budaya perlombaan pacu sampan leper, di Inhil juga ada festival manongkah kerang. Manongkah kerang sendiri merupakan tradisi unik yang dilakukan oleh suku laut indragiri hilir yang dikenal dengan suku duano dengan berselancar di atas lumpur pada saat air surut. Sedangkan Festival manongkah kerang biasanya diadakan menjelang acara 17 agustusan. Tidak dapat dipungkiri bahwa Festival manongkah kerang adalah tradisi yang unik dan juga telah ramai di datangi wisatawan setiap tahunnya.

Gema Muharram


Gema Muharram merupakan budaya tahunan masyarakat Indragiri Hilir ketika bulan muharram tiba. Masyarakat beragama islam berkumpul untuk berbuka puasa bersama sembari menikmati bubur asyura. Biasanya sebelum berbuka puasa masyarakat akan mendengarkan ceramah agama, bershalawat dan doa bersama terlebih dahulu. Gema Muharram menjadi wisata budaya islami yang recomended untuk di hadiri.

Makam Syekh Abdurrahman Sidiq


Dikenal dengan Tuan Guru Sapat, Syekh Abdurrahman Sidiq merupakan mufti sekaligus ulama besar yang banyak memberi ajaran islam di Kabupaten Indragiri Hilir. Beliau berasal dari pulau kalimantan dan wafat di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Setelah wafat, Sang Mufti Syekh Abdurrahman Sidiq dimakamkan di Sapat, sebuah perkampungan di Kuala Indragiri, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Makam beliau selalu di kunjungi oleh masyarakat baik dari Inhil maupun dari luar inhil, bahkan dari luar negeri. Mereka datang dengan niat untuk berziarah ke makam beliau. Setiap tahunnya juga diadakan haul untuk mengingat kembali jasa-jasa beliau di Kabupaten Indragiri Hilir.

Untuk Sementara itu saja daftarnya dan Tentunya selain dari 9 destinasi wisata di inhil di atas, baik wisata budaya, wisata alam dan wisata sejarahnya ada juga tradisi dan tempat-tempat lain yang tetap menarik untuk di lihat atau dikunjungi.

1 Response to "Tempat Wisata Alam, Budaya dan Sejarah di Inhil"

  1. banyak juga ya spot wisata yang bisa dikunjungi di Inhil. Bisa ga cukup sehari eksplore semuanya...

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel