4 Alasan Saya Terjun di dunia Blogging dan Mengelola Blog sampai Hari ini



Sahar.ID – Ada banyak orang yang sudah mengenal dunia blog kemudian terjun dan aktif dalam segala aktifitasnya. Hal ini mereka lakukan dengan alasan dan latarbelakang yang berbeda-beda. Ada yang menulis blog dengan alasan penghasilan, hobby, melatih skill menulis, tuntutan pekerjaan dan hal-hal lainnya.

Demikian juga dengan saya, Saya sudah mulai mengenal blog sejak tahun 2013. Dan memulai aktifitas ngeblog juga pada tahun tersebut. Saya juga memiliki alasan tersendiri mengapa bisa sampai meluangkan waktu yang tidak sedikit untuk aktifitas blogging ini.

Secara umum ada 4 Alasan yang berhasil saya rangkum selama ini mengenai pertanyaan pada diri sendiri mengapa saya nge-blog dan mengapa saya harus melanjutkan aktifitas ini.

1.Penasaran Bagaimana Orang Bisa Menulis di Internet

Jika kita mencari tahu kapan internet mulai masuk di Indonesia kita akan menemukan penjelasan di wikipedia bahwa Internet mulai masuk di Indonesia pada awal tahun 1990-an. Sedangkan di kampung saya beberapa orang baru mulai mengenal internet pada periode tahun 2007-2010.

Lalu apa hubungannya dengan perasaan penasaran menulis di Internet ?

Jadi begini, saya sendiri baru mengakses yang namanya internet pada tahun 2008. Alasannya karena memang di desa tempat saya tinggal tidak ada akses jaringan internet yang tersedia. Pada tahun 2008 itu saja jaringan yang tersedia hanya GPRS dan sangat sulit mendapatkannya.

Kalian yang pernah merasakan kecepatan GPRS pasti pernah mengalami hal serupa seperti saya. Keadaan dimana mengakses satu buah halaman web dapat memakan waktu beberapa menit bahkan kadang sampai ½ jam.

Pada saat awal mula saya mengakses internet ini saya menggunakan hape orang tua saya karena memang saya belum memiliki hape sendiri. Saat itu saya masih kelas 2 SMP, Jadi wajar saja.

Browser yang saya gunakan saat itu adalah Opera Mini (Hidup Opera Mini). Saya ingat sekali bagaimana perasaan  kagum saya ketika mengetikkan kata “laut” di mesin pencari dan mesin pencari menampilkan pengertian laut dan berbagai gambar laut di halamannya. Ini hal luar biasa bagi saya kala itu. Bagaimana tidak, saya bisa melihat pemandangan dunia hanya dengan duduk di teras sambil memegang handphone.

Itu hanya sekilas cerita pertama kali saya menelusuri internet, semakin sering saya browsing makin habis pulsa saya semakin penasaran saya dengan hal-hal berbau internet ini. Nah disana juga saya mulai penasaran tentang bagaimana orang bisa menulis di Internet. Akan tetapi pada saat itu, saya tidak menemukan jawabannya.

Pada awal tahun 2013 lulus dari Madrasah Aliyah dan berniat melanjutkan ke perguruan tinggi. Disinilah awal mula saya merasakan sekali manfaat blog bagi orang lain. Waktu itu saya sedang mencari informasi mengenai pendaftaran kuliah di Pekanbaru. Memang ada banyak informasi yang di sebarkan. Tetapi hanya ada satu halaman blog yang memberikan informasi yang mudah untuk saya pahami. Penjelasan di blog tersebut benar-benar membantu saya. (Terima Kasih).

Nah dari sini rasa penasaran saya terhadap pertanyaan bagaimana orang bisa menulis di internet ini muncul kembali. Saya browsing kesana kemari hingga menemukan sebuah penjelasan bagaimana cara menulis di Internet. 

Saya harus memiliki kemampuan membuat website. Begitu kesimpulan yang saya ambil dari penjelasan tersebut. Dan membuat website pada saat itu dalam benak saya harus memiliki kemampuan yang di pelajari secara tidak sebentar. Dan hal ini juga yang menjadi Alasan saya memilih jurusan teknik informatika saat kuliah.

Saya lulus di Jurusan Teknik Informatika UIN Suska Riau. Dan disinilah untuk pertama kalinya saya mengetahui bahwa menulis di internet tidak mesti membuat website. Kita hanya perlu memiliki blog pribadi, itu sudah lebih dari cukup jika hanya ingin menulis di internet. Pengetahuan ini saya dapatkan di salah satu Study Club Jurusan. Yaitu Blogger Bisnis Online UIN Suska Riau (BBO Uin Suska). Dan saya mulai menulis blog berupa curhat dan hal-hal alay lainnya di internet. Sungguh seru rasanya pada masa itu.

Cerita di atas adalah cerita singkat yang menjadi alasan utama saya membuat blog pada tahun-tahun awal.

2.Menghasilkan Income Tambahan dari Blog

Saya tidak ingin berbohong. Awalnya tidak ada niatan untuk mencari penghasilan tambahan dari blog atau menjadikan blog sebagai lahan penghasilan tambahan. Tapi seiring berjalan waktu ada serupa ketertarikan yang muncul untuk mencoba hal tersebut di blog saya.

Tentu saja banyak hal yang saya pelajari mengenai blog sebelum mendapatkan penghasilan dari blog. Dari mulai pelajaran mencari traffik, membuat konten,desain tampian yang baik dan bagaimana optimasinya. Semua hal tersebut dipelajari secara otodidak.

Barulah pada maret 2016 saya memiliki penghasilan dari Google Adsense lewat blog yang memang saya dedikasikan berbagi informasi perguruan tinggi dan mengejar pendapatan. Yah, Alhamdulillah, meski tidak sebanyak para master lain, saya berhasil mengumpulkan pendapatan hingga Rp.2.400.000 per/bulannya. Ini pendapatan pada masa jayanya blog saya. Pada blog saya tersebut sudah ada 3000 + postingan saya buat dan alhamdulillah bermanfaat bagi saya dan bermanfaat juga bagi orang lain. Adalah kepuasan sendiri ketika tulisan kita di kunjungi oleh orang lain.

3.Mengembangkan Skill Sebagai Content Writer / Penulis Konten 

Alasan ke-tiga saya masih mengelola blog sampai pada hari ini adalah karena ingin mengembangkan skill saya dalam dunia kepenulisan konten untuk web. Dengan sadar sekali saya melihat bahwa saat ini perusahaan perusahaan besar seperti start up yang ingin berkembang dan maju sangat membutuhkan skill seorang konten writer / copywriter untuk websitenya.Terlebih ketika google mengumumkan kepada khalayak ramai bahwa kualitas konten sebuah website adalah hal yang menentukan peringkat website di mesin pencari.

Ada sebuah keinginan dibenak saya untuk bergabung disebuah perusahaan yang membutuhkan keterampilan seorang penulis konten. Selain untuk mengimplementasikan ilmu dan pengalaman yang saya punya, juga karena ingin untuk mengetahui hal-hal baru yang belum saya ketahui didunia perkontenan web ini.

4.Menambah dan Mengasah Ilmu dalam Dunia Blogging dan Hal-Hal yang Berkaitan di Dalamnya

Meski cukup lama di dunia perblogeran, tetap saja ada banyak hal yang belum saya ketahui didalam dunia blog ini. Terlebih dunia perblogeran juga terus berkembang secara signifikan. Jika diri tidak fleksibel untuk menyesuaikan, pastilah saya akan jauh tertinggal dengan yang lainnya. 

“Mempelajari dan Mengetahui Hal-Hal baru adalah kesenagan yang paling senang” – Saharuddin Albugisi

Akhirnya, Setiap kita memiliki alasan berbeda tentang mengapa terjun didunia perblogeran. Tidak ada yang salah dengan niatan anda, tetaplah fokus untuk berkembang dan menjadi blogger yang lebih baik serta bermanfaat bagi yang lainnya. 

0 Response to "4 Alasan Saya Terjun di dunia Blogging dan Mengelola Blog sampai Hari ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel